Tujuan didirikanya PMII

Tujuan didirikannya PMII
PMII sejak awal berdirinya telah menegaskan komitmennya untuk: (a) mewujudkan adanya kedinamisan sebagai organisasi mahasiswa; (b) menunjukkan dan mengamalkan identitas ke-Islaman sekaligus sebagai konsepsi lanjutan dari NU yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah juga berdasarkan perjuangan para wali di Pulau Jawa yang telah sukses dengan dakwahnya karena mereka sangat toleran atas tradisi dan budaya setempat dengan ajaran-ajarannya bersifat akomodatif; (c) memanifestasikan nasionalisme sebagai semangat kebangsaan.
Secara totalitas PMII sebagai suatu organisasi merupakan suatu gerakan yang bertujuan merubah kondisi sosial di Indonesia yang dinilai tidak adil, terutama dalam tatanan kehidupan sosial. Selain itu juga melestarikan perbedaan sebagai ajang dialog dan aktualisasi diri, menjunjung tinggi pluralitas, dan menghormati kedaulatan masing-masing kelompok dan individu.
Dalam lingkup yang lebih kecil PMII mencoba menciptakan kader yang memiliki pandangan yang luas dalam menghadapi realitas sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Memiliki pemahaman yang komprehensif tentang berbagai macam paham pemikiran yang digunakan dalam menganalisa realitas yang ada, sehingga diharapkan seorang kader akan mampu memposisikan diri secara kritis dan tidak terhegemoni oleh suatu paham atau ideologi yang dogmatis.

Tinggalkan komentar